Rekomendasi Rice Cooker Terbaik dan Cara Merawat Rice Cooker yang Benar

rice cooker

Rekomendasi Rice Cooker Terbaik dan Cara Merawat Rice Cooker yang Benar – Teknologi selalu berkembang demi mempermudah hidup manusia. Apapun kini diberi sentuhan digital, termasuk penanak nasi alias penanak nasi. Jika dulu penanak nasi hanya berbentuk seperti drum kecil dengan tombol untuk menyalakan dan mematikan, kini penanak nasi sudah dilengkapi dengan tombol-tombol digital. Fungsinya pun makin bertambah. Penanak nasi kini bukan hanya bisa memasak nasi, namun dapat menghangatkan lauk, mengukus, bahkan membuat bubur. Lalu seperti apa tampilan penanak nasi digital? Bentuknya memang berbeda dengan kebanyakan penanak nasi. Jenis ini tampak seperti mini compo. Di atasnya terdapat LCD display dan tombol-tombol digital berisi menu pilihan yang tinggal memencet tombol untuk memasak nasi, tombol lainnya untuk membuat bubur, tombol lain lagi untuk mengukus kue. Praktis, tanpa perlu repot-repot mengatur waktu. Tampilan penanak nasi digital ini memang lebih elegan dan materialnya pun lebih kokoh dibandingkan dengan penanak nasi biasa. Fiturnya lebih banyak dan pengoperasiannya juga mudah. Namun sebelum membeli, jangan lupa untuk memperhatikan energi listrik yang dibutuhkan. Ada banyak penanak nasi digital di pasaran. Namun kali ini, RUMAH membeberkan 3 penanak nasi digital berukuran 1,8 liter dari 3 merek ternama di Indonesia

  • Panasonic SR-ZS185 

Panasonic SR-ZS185 merupakan salah satu produk penanak nasi digital yang memiliki berbagai program menu pada layar digitalnya, seperti menu menanak nasi putih, beras merah, beras melati, dan beras ketan. Ia juga memiliki menu untuk membuat bubur, mengukus kue, memasak claypot, memasak sup, membuat kue, dan quick cook sehingga kita dapat memasak dengan waktu yang lebih cepat. Tombol digital dan layar LCD penanak nasi ini terdapat di bagian atas, yang mudah terlihat. Jika ingin Jika ingin memasaknya, Anda dapat dengan mudah menggunakannya hanya menekan tombol sesuai dengan kebutuhan jenis masakan Anda. Selain itu, juga terdapat garis penunjuk ketinggian air yang terletak di bagian dalam rice cooker. Kelebihan lain yang dimiliki penanak nasi ini adalah bahan pelapis finishing berlian jepang yang dapat memancarkan dan menyimpan panas sehingga mengoptimalkan proses pemasakan nasi. Lapisan ini diklaim mudah dibersihkan, bahkan bisa disikat hingga 100.000 kali

rice cooker

 

  • Philips Viva Collection

Philips juga mengeluarkan penanak nasi dengan teknologi digital yang tak kalah canggih. Berbeda dengan Panasonic SR-ZS185, pada produk ini terdapat banyak tombol menu yang langsung dapat Anda tekan untuk menjalankan fungsinya. Ada tombol untuk memasak nasi, membuat sup, mengukus dan membuat kue. Terdapat juga fungsi reheat, yang untuk menjaga nasi tetap hangat. Penanak nasi digital ini memiliki tombol timer yang bisa mengatur kapan Anda harus memasak. Timer tersebut dapat diatur dari 2 sampai dengan 12 jam ke depan untuk memastikan Anda dapat menikmati makanan hangat Anda tepat kapanpun yang Anda inginkan . Philips penanak nasi digital ini juga memiliki pegangan ayun yang bertujuan supaya mudah dibawa atau dipindahkan.

  • Sharp KS

Tidak mau kalah dengan yang lainnya, produsen peralatan elektronik yaitu Sharp juga mengeluarkan produk penanak nasi digital. Produk ini memiliki 8 menu yang waktunya telah terprogram secara otomatis, yaitu menu untuk memasak nasi, membuat bubur, menghangatkan, mengukus, membuat sup, membuat kue, serta memasak telur setengah matang. Sama seperti Panasonic, untuk memilih menu ini, Anda harus menekan tombol menu, lalu mencari menu yang tepat di layar display LCd yang ada. Namun untuk memasak nasi, ada tombol khusus di sana. Selain menu variasi masakan yang banyak, produk ini diklaim mampu menghangatkan nasi hingga 72 jam.Produk ini juga memiliki fitur cleaning. Fitur ini berguna untuk menghilangkan kerak nasi, caranya dengan mengisi wadah dengan air lalu menekan tombol cleaning. dengan Utur ini, kerak akan lebih mudah dibersihkan.

  • Tips Agar Penanak Nasi Awet

Sebetulnya cara perawatan penanak nasi cukup sederhana, namun karena penanak nasi adalah peralatan yang intensitas penggunaannya sangat tinggi, maka kunci perawatan ada pada proses pembersihan yang benar. Begini caranya.

• Bersihkan secara rutin setelah digunakan agar kerak nasi tidak menumpuk, cuci dengan spon halus untuk menghindari goresan/bodi terkelupas. Jangan menggunakan objek seperti tinner, bubuk pembersih, atau sikat logam. Pastikan peralatan yang digunakan tidak membuat permukaan wadah penanak nasi tergores. Cuci dengan deterjen pencuci piring yang sudah diencerkan dan spons lalu seka permukaan luar dari panci bagian dalam.

• Bersihkan ventilasi uap secara menyeluruh dengan melepas ventilasi uap dari tutup atas. Lakukan secara berkala untuk menghilangkan sisa kotoran.

• Terkait dengan sistem digital, yang terpenting adalah jangan sembarangan menekan tombol, misalnya menekan 2 tombol perintah secara bersamaan.

•  Yang terakhir dan tidak kalau penting adalah mempersiapkan genset standby di rumah anda, agar alat elektronik di  rumah anda awet dan tidak gampang rusak. Pastikan juga supplier jual genset yang anda beli memiliki garansi resmi dan asli mereknya bukan abal abal