Cara Cepat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Cara Cepat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Cara Cepat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau juga sering disebut dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang jarang terdeteksi secara dini. Sedikit lebih sulit memang untuk mendeteksi adanya hipertensi dalam tubuh kecuali dengan melakukan cek tekanan darah. Standar yang wajar tekanan darah seseorang adalah dibawah 120/80. Apabila sudah berada diatas batas wajar tersebut berarti sudah termasuk terjangkit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ada beberapa cara untuk mengatasi serangan tekanan darah tinggi, salah satunya adalah dengan menggunakan cara cepat secara alami berikut ini.

Perhatikan Menu Makan

Salah satu kecerobohan yang bisa berakibat fatal pada penyakit tekanan darah tinggi adalah tidak memperhatikan menu makan yang anda konsumsi setiap hari. Padahal, pada dasarnya tekanan darah tinggi sangatlah berpengaruh dengan makanan apa yang anda konsumsi. Untuk menghindari hipertensi, ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan menu makan anda setiap hari. Menu makan yang sehat dan menghindari makanan pantangan untuk penderita tekanan darah tinggi akan sangat membantu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Makanan yang harus anda hindari jika tidak menginginkan tekanan darah tinggi adalah makanan yang mengandung garam yang tinggi seperti makanan kaleng, maknan cepat saji, roti, saus tomat, kerupuk, saus sambal dan berbagai jenis makanan lainnya. Sementara itu, makanan yang harus anda konsumsi adalah makanan yang mengandung potassium, magnesium dan juga serat yang tinggi.

Stop Merokok

Rokok menjadi salah satu penyebab utama hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan nikotin yang tinggi sangat berpengaruh dengan tekanan darah pada tubuh. Bahkan, nikotin yang terkandung pada rokok mampu meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg dan bahkan bisa lebih, tergantung dengan besarnya nikotin yang ada pada rokok. Tak perlu menunggu jangka waktu yang lama, tepat satu jam setelah merokok, nikotin sudah mampu untuk meningkatkan tekanan darah pada tubuh. Jadi, bisa dibayangkan jika merokok setiap jam, begitu mengerikannya tekanan darah yang meningkat pada tubuh. Bahkan, efek buruk dari rokok ini pun tidak hanya bagi para perokok aktif saja. Asap rokok pun juga bisa mempengaruhi tekanan darah pada tubuh.

Hindari Stress

Tekanan darah tinggi juga timbul karena stress atau berfikir yang terlalu berat. Baik itu stress karena masalah kantor, keluarga, kuliah atau apapun itu ada baiknya untuk dihindari. Rasa cemas dan juga berfikir yang berat sangat berpengaruh dengan meningkatnya tekanan darah yang pasti akan berakibat yang sangat tidak baik. Mulai sekarang, ada baiknya untuk tidak terlalu berpikir atau mudah  merasa stress dan juga cemas dengan segala kondisi yang dihadapi. Semakin berat dan cemas tubuh maka akan semakin tinggi pula tekanan darah yang ada pada tubuh. Hal ini tentu akan membuat tubuh mengalami hipertensi. Untuk mengurangi stress ada baiknya untuk meluangkan waktu untuk membuat tubuh lebih relax baik itu dengan yoga ataupun dengan cara lainnya.